My name

Minggu, 11 April 2010

Menjadi guru profesional???????

Dear diary.......
Menjadi guru dengan embel-embel profesional bagi penerus bangsa dewasa ini bukanlah suatu hal yang mudah. Tantangan terbesar seorang guru yang ingin menjadi profesional adalah memahami karakter dari setiap peserta didiknya. Tiap individu dari peserta didik tersebut memiliki karakter yang beragam. Kelas yang aku ajar merupakan kelas besar dengan jumlah 36 anak tiap kelasnya. Sedangkan Jumlah jam mata pelajaran yang aku ajar hanya 2 jam pelajaran tiap minggu untuk masing-masing kelas.Itu dapat diartikan bahwa frekuensiku bertemu dengan anak didikku cukup kecil apalagi untuk mendalami dan menyelami karkter dari masing-masing siswa. Tapi tekadku cukup besar diary...targetku untuk semester depan perangkat mulai prota, promes, silabus, rpp, jurnal mengajar, daftar nilai, ahevb harus perfect. Aku masih selalu merasa perangkat yang aku susun terkadang meleset dari keadaan di kelas. Itu sangat mengecewakan. Semoga aku ga disibukkan dengan menjadi panitia-panitia kegiatan sebelum semuanya selesai. Jujur diary sebenarnya menjadi panitia suatu kegiatan dalam sekolah pengalaman yang sangat berharga. Tetapi terkadang menyita semua konsentrasi, tenaga dan fikiran. Padahal kita harus tetap ready dengan scenario pembelajaran kita. Menjadi guru profesional adalah impianku...bukan hanya karena penghargaan atau sertifikat yang menjadi iming-iming pemerintah saat ini.Bagi ku akan menjadi suatu kebahagiaan tersendiri jika melihat anak didik kita mencapai kompetensi yang diharapkan, tanpa ada manipulasi dari berbagai pihak. Seperti yang telah aku uraikan tapi setiap individu peserta didik memiliki keunikan dari karakter mereka...merupakan sebuah tantangan yang sangat besar untuk memahaminya yang selanjutnya mengarahkan agar mereka mencapai kompetensi yang di harapkan dalam kurikulum. Menumbuhkan motivasi ternyata tidak semudah teori...apalagi anak didikku cukup unik dari berbagai segi. Sharing dengan teman sejawat sangat membantuku dalam menumbuhkan semangat disaat aku putus asa. Tapi aku akan terus mencari dan mencari celah dimana aku bisa memberikan sugesti pada siswaku agar mencintai buku-buku pelajaran dan selalu haus dengan pengetahuan. Waw.....tugas yang berat diary....semoga aku bisa...

1 komentar:

Rhizophora mengatakan...

Guuuudddzzz...... ditambah lagi isinya ya.....