My name

Rabu, 11 Agustus 2010

Tari Turonggo Yakso


Dear diary......
Bagi warga Trenggalek sudah tidak asing lagi dengan tari satu ini. Sejak TK sudah di kenalkan dan di ajarkan. Ini adalah pengalamanku....sejak kecil aku  melihat dan mempelajarinya secara outodidak karena orangtuaku melarang menarikannya dengan alasan aku perempuan. Aku semakin penasaran setiap teman-teman menarikannya aku perhatikan baik baik aku mencoba menarikan secara sembunyi sembunyi akhirnya aku menguasai meski aku tidak pernah di beri kesempatan menarikannya.

Sejak dulu aku sudah kagum dengan tarian itu....sangat ekspresif...mengobarkan semangat....yang luar biasa.
Sedikit cerita tari Turonggo yakso ini pertama kali berkembang di desa Dongko sekitar taun 1980 an. Setelah itu di berbagai daerah Trenggalek ikut mengembangkan dengan berbagai kreasi tetapi tetap pada pakemnya. Tari ini berbeda dengan tari jaranan lain. Jaranan Turonggo Yakso ini menggunakan gambar raksasa bukan gambar kuda kepang seperti yang lain....dan sungguh menakjubkan ternyata yakso (raksasa) ini hanya di miliki oleh Trenggalek. Tarian ini menggambarkan kemenangan penduduk untuk mengatasi segala marabahaya/malapetaka yang dilambangkan oleh raksasa.

Alkhamdulillah akhirnya aku berkesempatan menarikannya di malam inagurasi saat prajabatan. Benar-benar bangga rasanya bisa menunjukkan inilah karya seniman Trenggalek....
Aneh rasanya saat latihan aku merasa ada beberapa gerakan yang kurang pas tapi setelah di panggung Yakso yang biasanya berat jadi ringan....gerakanku pun bisa ngalir.....bener-bener aku bisa merasakan dan menikmati setiap gerakan. Semangat n jiwa tari itu begitu merasuk dalam jiwa.

Apalagi dukungan dari teman-teman kontingen Trenggalek membuatku tambah semangat....membuat rame dan menyedot perhatian semua penonton. Bangga, puas dan sangat bersyukur aku bisa menarikannya. Jika aku menarikan di kota Trenggalek mungkin perasaanku tidak sehebat ini. Aku bisa menarikan di kota malang dengan di tonton berbagai teman dari berbagai kabupaten...wah.....seneng rasanya ingin teriak ini lho Trenggalek punya...hehehe

Sukses bagi para seniman Trenggalek...terus berkarya....aku pun akan ikut berkarya sebisa dan semampu yang aku bisa.....Hidup Trenggalek!!!!!!

0 komentar: